Diklaim Lebih Fleksibel, PUPKP Kota Yogya Uji Coba Aspal Buton

Diklaim Lebih Fleksibel, PUPKP Kota Yogya Uji Coba Aspal Buton

YOGYAKARTA (wartakonstruksi.id) – Aspal buton (asbuton) bisa menjadi solusi alternatif untuk penambalan jalan yang berlumbang. Pasalnya jenis aspal tersebut dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Teknis aplikasi penghamparan dan pemadatan dapat dilakukan pada kondisi hangat dan dingin.

“Kami mendapat penawaran dari aspal buton, saat ini sedang dilakukan demo penghamparan pada jalan yang berlubang di Gang Kunti, Sorosutan,” ungkap Umi Akhsanti ST MT, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPKP Kota Yogyakarta kepada media ini usai demo.

Baca juga:

Umi mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan penggunaan aspal tersebut. Ia masih akan menunggu hasil uji coba yang telah dilakukan. Butuh waktu setidaknya 2-3 minggu untuk mengetahui hasilnya.

“Jika hasil uji coba hasilnya baik, kemungkinan akan digunakan untuk tambal sulam karena aspal jenis ini dapat dihampar dalam kondisi dingin,” terang Umi.

Mengenai biaya, lanjut dia, baru akan dilakukan penghitungan. Bila ternyata harga aspal buton lebih murah dari biaya yang dikeluarkan sebelumnya kemungkinan besar akan mencoba menggunakannya. Namun bila sebaliknya tentu harus ada pertimbangan khusus melalui kajian.

Sementara itu, Dirjaya, penyedia aspal buton (asbuton) mengatakan, penggunaan aspal buton sangat cocok karena iklim di tanah air cenderung lebih banyak musim hujannya dibanding musim panas. Proses penghamparan, kata dia, tidak harus menunggu kering permukaan pada saat melakukan tambal lubang.

Selain itu, lanjut dia, kelebihan asbuton dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, siapa saja dan dalam kondisi apa saja, karena bahan campuran aspal selalu tersedia dan mudah diperoleh dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama sampai 6 bulan. Red

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )