JEMBATAN GANGIN: 2017 Ambruk Disapu Badai Cempaka, Tahun Ini Direkonstruksi

Disiapkan Dana Rp 2 Miliar

BANTUL (wartakonstruksi.com) – Setelah setahun lebih ambruk Jembatan Gangin di Kecamatan Kasihan akhirnya akan direkonstruksi. Pemkab Bantul menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk merekonstruksi jembatan yang ambruk akibat badai Cempaka yang menerjang DIY di penghujung 2017 silam.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kabupaten Bantul, Yudo Wibowo ST kepada Warta Konstruksi mengatakan, proyek pembangunan jembatan Gangin masih dalam proses perencanaan. Kendati demikian dia memastikan pada bulan Maret mendatang proyek tersebut sudah masuk dalam paket pekerjaan yang akan dilelangkan oleh LPSE Bantul.

“Jembatan Gangin dibangun tahun ini. Sekarang prosesnya masih tahap perencanaan, untuk lelang fisik akan dilaksanakan pada Bulan Maret oleh LPSE Bantul dengan pagu dana sekitar Rp 2 miliar,” ungkap Yudo, Senin (25/2/2019).

Baca juga:

Kepastian pembangunan tersebut, lanjut dia, merupakan kabar gembira bagi warga setempat. Pasalnya jembatan tersebut merupakan akses utama untuk kegiatan ekonomi di wilayah Kasihan dan sekitarnya. Jembatan Gangin yang direkonstruksi rencananya akan memiliki bentang 16 hingga 20 meter, tapi kepastiannya masih menunggu hasil DED (detail engineering design).

Sebelumnya, jembatan tersebut hanya memiliki bentang 2 meter saja. Perubahan panjang bentang itu, lanjut dia, dikarenakan sungai di bawahnya mengalami pelebaran paska diterjang badai Cempaka. Meski panjang jembatan tersebut mengalami penambahan yang sangat signifikan, namun sayang tidak untuk lebarnya. Lebar jembatan tidak akan bertambah lantaran terkendala masalah lahan, karena lahan yang ada di sekitarnya masih hak milik warga.

Meski demikian, masalah lahan tidak menjadi persoalan utama. Hal terpenting, lanjut dia, lalu lintas bisa kembali normal, karena selama ini lalu lintas cukup terganggu karena untuk penghubungnya hanya mengandalkan jembatan bailey.

Sekretaris Dinas PUPKP Bantul, Yudo Wibowo ST, memastikan rekonstruksi jembatan Gangin dilakukan tahun ini dengan anggaran Rp 2 miliar. Foto: Dodi P

Yuni (40) warga yang tinggal di kawasan perumahan sekitar jembatan Gangin saat dimintai tanggapannya soal kabar akan ada perbaikan jembatan malah mengaku sudah lupa kalau di situ ada jembatan rusak, pasalnya sudah terlalu lama tidak diperbaiki.

Nganti wes ra nunggu maneh. Mosok nganti meh 2 taun, iku kan jalur alternatif. Jembatan di Pajangan aja yang sama ambrolnya sekarang udah jadi bagus,” ujar Yuni dengan nada sedikit kesal.

Selama ini, lanjut Yuni, keberadaan jembatan goyang (jembatan bailey) lumayan membantu, pasalnya jika menggunakan jalur lain lebih jauh dan lama. “Lumayan meski goyang tapi lebih cepat enggak ngalang, pas belum ada jembatan goyang yang buat mobil kan kudu ngalang beberapa jam dulu dari rumah,” jelasnya. (Redaksi WK)

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (1)
  • comment-avatar
    Tukul 3 bulan

    Sisan dilebarke, kedepannya jalannya jg dilebarkan

  • Disqus (0 )