Panitia Ceroboh, Lelang Peningkatan Jalan Beran – Balong Diulang

Panitia Ceroboh, Lelang Peningkatan Jalan Beran – Balong Diulang

SLEMAN (wartakonstruksi.id) – Akibat kecerobohan Pokja panitia lelang dalam menentukan persyaratan pada pelengangan Paket Peningkatan Jalan Beran – Balong membuat lelang paket tersebut harus ulang. Anehnya, kecerobohan terjadi pada penentuan syarat yang sangat penting.

Kepala Badan Pengadaan Barang/Jasa (BPBJ) Sleman, Mirza Anfasury kepada wartakonstruksi.id membenarkan bahwa tender proyek Peningkatan Jalan Paket 9 Ruas Jl Beran – Balong harus dilelang ulang. Ia mengaku ada persyaratan yang belum dimuat kedalam dokumen lelang paket tersebut.

“Ada beberapa peralatan yang utama, yang masih belum dimuat pada dokumen pengadaan, padahal pekerjaan ini nilainya besar,” ungkap Mirza.

Baca juga:

Menurutnya, persyaratan tersebut menjadi penting mengingat nilai paket yang cukup besar, sedangkan, lanjut dia, paket pekerjaan yang nilainya di bawah paket ini saja syarat peralatan pada dokumen pengadaannya lengkap.

Mirza mengaku, semua murni atas kecerobohan pada tim panitia pengadaan, tidak ada muatan apapun. “Hal ini kekhilafan pada panitia,” kilahnya.

Namun, ketika ditanya soal kemungkinan adanya persyaratan tambahan untuk mengantisipasi waktu yang terbuang akibat terjadinya lelang ulang, Mirza tidak memberikan tanggapan apapun.

Berdasar data yang dimuat di laman lpse Sleman, proyek peningkatan jalan Beran – Balong. Proyek dengan kode 4308054 tersebut memiliki nilai pagu paket sebesar Rp 11.7 Miliar, dengan sumber dana berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus, red). Dana akan digunakan untuk meningkatkan jalan Beran – Balong sepanjang 2,85 kilometer.

Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW), Baharuddin Kamba, menyoroti alasan lelang ulang paket peningkatan Ruas Jalan Beran-Balong. Menurut Bahar, sangat aneh bila panitia luput memasukkan syarat untuk proyek tersebut. Mengingat syarat itu bukanlah syarat tambahan atau alat yang tidak dimasukkan bukanlah alat pendukung, melainkan alat utama.

“Itu pun ada beberapa pula yang tidak masuk. Ini sebenarnya khilaf atau sengaja khilaf?” tanya Bahar. Red

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )