YOGYAKARTA (wartakonstruksi.com) – Setelah pemerintah berhasil menerapkan aspal plastik di beberapa kota besar di Indonesia, kini giliran Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bakal mencoba menggunakannya. Penggunaan aspal plastik di DIY dimulai pada tahun ini.

PPK IV Satker Pembangunan Jalan Nasional DIY, Rikhi Afriansah kepada wartakonstruksi.com membenarkan bahwa pada tahun ini paket pekerjaan yang ada dibawah pengendaliannya bakal menggunaan aspal plastik. Uji coba penggunaan aspal plastik akan diterapkan pada paket proyek rehabilitasi mayor dan pelebaran Jalan Sentolo – Dekso- Klangon/ KSPN.

Namun demikian, kata dia, penerapan aspal plastik tidak di semua pekerjaan pada paket tersebut, akan tetapi hanya di sepanjang 5 kilometer, itu pun hanya di bagian ac-wc saja. “Uji coba aspal plastik untuk tahun ini baru sepanjang 5 kilometer di pekerjaan jalan Sentolo – Dekso – Klangon/KSPN,” papar Rikhi.

Baca juga:

Untuk ketersediaan bahan baku, Rikhi mengaku memanfaatkan bahan yang ada di Yogyakarta saja. Bahan baku aspal plastik berasal dari limbah plastik kresek yang sudah bersih telah dicacah. Untuk pemenuhan kebutuhannya Satker PJN menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulonprogo. Sebagai bentuk kerjasama pihaknya memberikan bantuan alat pencacah plastik.

Dalam pelaksanaannya dia mengaku masih membutuhkan pendampingan dari Pujatan (Pusat Jalan dan Jembatan) karena ini merupakan barang baru dan masih uji coba. Jika pada tahap uji coba ini berhasil maka pada tahun-tahun berikutnya program bisa berlanjut.

Rikhi Afriansah, PPK IV Satker PJN DIY. Foto: Dodi Pranata

Penggunaan aspal plastik hasil pengembangan tekhnologi kementrian PUPR ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah yang ada. Langkah ini sebagai bagian dari upaya jalan keluar untuk mengurangi jumlah sampah di Indonesia.

Rikhi menambahkan, kebutuhan limbah plastik untuk mengaspal jalan sepanjang 5 kilometer mencapai 9 ton. Oleh karena itu pihaknya menekankan kepada kontraktor untuk lebih memperhatikan ketersedian bahan tersebut agar pekerjaan selesai tepat waktu.

Jurnalis : Dodi Pranata

Editor    : Sodik