Usai Lebaran, Dishub DIY Uji Coba Penutupan Jl Malioboro

Usai Lebaran, Dishub DIY Uji Coba Penutupan Jl Malioboro

SLEMAN (wartakonstruksi.id) – Dinas Perhubungan DIY sempat merancang uji coba pengalihan transportasi kawasan Malioboro. Namun ujicoba akhirnya ditangguhkan dan baru akan dilakukan setelah Lebaran dengan skema yang berbeda.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo mengungkapkan, awalnya Dishub akan melakukan uji coba pengalihan arus lalin Malioboro melalui jalur arteri. Namun demikian rencana itu ternyata tidak langsung menyentuh persoalan yang sesungguhnya, yaitu menutupan Jl Malioboro untuk penerapan pedestrian Malioboro.

Karena itu, sesuai usulan dari tim dari UGM, skema uji coba tidak lagi pada pengalihan arus saja melainkan langsung pada penutupan kawasan Jl Malioboro. “Dari UGM itu benar juga yang dicoba itu sebenarnya kan bukan lingkarnya, tapi Malioboronya. Jadi nanti kita coba tutup Malioboronya,” ucap Sigit.

Baca juga:

Kendati begitu penutupan Jl Malioboro dari lalu lintas kendaraan menghadapi kendala mengingat di kawasan itu masih ada berbagai fasilitas baik pemerintah maupun perdagangan yang belum memiliki akses alternative. Karena itu sempat muncul skema dengan menyiapkan stiker bagi kendaraan yang bisa masuk dan tidak. “Tapi masalahnya lagi nanti bagaimana kalau dengan stiker itu, mau enggak? Katanya.

Bila skema itu tidak mungkin diterapkan, ada skema lain yang bisa jadi opsi yaitu memilih hari tertentu untuk menutup Jl Malioboro. Ia mencontohkan pada hari Sabtu. Selama hari itu tidak boleh ada kendaraan yang memasuki kawasan Jl Malioboro. Larangan itu berlaku untuk semuanya, tanpa pengecualian.

“Itu baru sebatas alternatif-alternatif. Semuanya masih kita bicarakan. Tapi untuk uji cobanya kemungkinan setelah Lebaran nanti baru bisa dilakukan,” jelasnya.

Ditambahkan, pada tahun ini ada pergeseran arus datangnya kendaraan yang masuk DIY. Bila sebelumnya kendaraan yang masuk DIY berasal dari arah barat, kini bergeser ke timur seiring adanya jalan tol. “Karena ada tol sekarang datangnya dari timur bukan dari barat,” tambahnya. Red

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )